alvoholic

Friday, April 6, 2012

Dari pasir menjadi procesor

Bagaimana procesor dibuat, apa bahannya. Dari pasir ?




Intel menerangkan bagaimana dimulai dengan bahan pasir, dipanaskan sampai 1800 degC sampai mencair. Lalu di dinginkan dan dipadatkan dan dipotong menjadi lempar silikon cair. Pasir dengan rumus kimia SiO2 menganding 25% silikon. Bila dipanaskan maka menghasilkan SiO2 +2c = Si + 2CO. Silikon hasil pemanasan dapat dimurnikan sampai 98-99%, dan masih dimurnikan kembali sampai 99.999% dengan bobot 100km. Setelah benar benar murni, barulah silikon berbentuk tabung besar tersebut dipotong sangat tipis menjadi keping silikon.

Permukaan silikon digosok sampai bersinar seperti cermin dan dimasukan ke ruang semikonduktor untuk menciptakan sirkut micro dengan teknik foto. Dimana lempeng silikon diberikan cairan khusus lalu diberikan sinar UV sangat tinggi. Dilakukan berulang kali untuk membentuk permukaan sirkuit procesor. Bagian yang tidak tersinari nantinya akan larut, tertinggal jalur micron dan transistor didalamnya.

Jalur sirkut masih mengalami proses proteksi dengan lapisan khusus dan tembaga diatasnya. Ketebalan tembaga dari permukaan procesor akan digosok untuk membuang bagian yang tidak perlu.

Bila kita melihat sebuah keping procesor didalam terlihat datar. Sebenarnya ada beberapa lapis sirkut yang sangat tipis, setidaknya lebih dari 20 lapis menumpuk diatas permukaan keping procesor.

Tahap selanjut procesor akan dipoting dari keping bundar sebuah silikon, menjadi keping procesor. Tahap akhir barulah dirakit menjadi procesor dan ditutup oleh lempengan aluminium.

ini gan ada videonya klik di sini 

No comments: